Pengertian Komputer Beserta Sejarah, Fungsi dan Komponen Komputer Lengkap

0

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komputer, komputer adalah perangkat yang sering atau bahkan setiap harinya kita jumpai. Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang memiliki berbagai macam penggunaanya diantaranya adalah untuk membuat dokumen, alat menghitung, media hiburan, mencari informasi dan masih banyak lagi. Komputer merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal dan sudah dikenal oleh oleh banyak orang dari semua kalangan, mulai dari anak muda bahkan sampai dengan orang tua.

Sekarang ini saman sudah sangat canggih, komputer sudah bisa digunakan di berbagai bidang pekerjaan, misalnya swalayan, bank, kantor, sekolahan, bahkan toko-toko sudah menggunakan komputer. Bahkan sekarang ini hampir semua rumah sudah memiliki komputer dengan jenis yang bermacam-macam seperti laptop, komputer desktop ataupun notebook. Meskipun kebanyakan orang hanya menggunakan komputer itu untuk sarana hiburan seperti mendengarkan musik, menonton video, bermain game dan berbagai macam hiburan yang lain.

Namun dengan pemahaman tentang komputer yang memiliki fungsi yang sangat banyak, setiap orang berfikir bahwa mempunyai keyakinan dengan adanya komputer ini merupakan suatu langkah untuk kemajuan di masa yang akan datang. Nah, pada kesempatan kali ini bostekno akan memberikan ulasan megenai pengertian komputer beserta fungsi dan kompenenya lengkap.

Pengertian Komputer

pengertian komputer beserta sejarah fungsi dan komponen komputer lengkap 1

Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah informasi atau data dengan menggunakan prosedur yang telah dirumuskan. Jika dilihat berdasarkan etimologi nya, komputer berasal dari bahasa inggris “computer”, yang kata tersebut berarti orang yang melakukan kalkulasi atau sebuah perhitungan-perhitungan. Sampai akhirnya komputer mempunyai pengertian lain sebagai sebuah alat yang digunakan untuk bisa menerima interaksi atau perintah untuk melakukan sebuah operasi logika dan aritmatika secara otomatis.

Kemampuan sebuah komputer untuk bisa mengikuti serangkaian operasi ini disebut dengan istilah program. Program inilah yang bisa membuat komputer menjalankan banyak tugas yang diperintahkan oleh pengguna. Sedangkan yang dimaksud dengan Intruksi adalah sebuah perintah yang diberikan pada sebuah komputer, dan tentunya perintah yang diberikan ini bukanlah perintah biasa melainkan sebuah perintah yang bisa dipahami oleh komputer / bahasa komputer.

Komputer memiliki komponen-komponen utama di dalamnya, diantaranya adalah Processor, Motherboard, Power Supply, Memori, VGA, CD ROM, Hardisk, Monitor dan Casing. Jika dilihat dari arsitektur nya, komputer dibagi menjadi 4 bagian utama yaitu ALU atau unit logika dan aritmatika, unit input/output, unit control dan memori.

Memori dalam komputer memiliki fungsi untuk menyimpan informasi. Sedangkan ALU berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika dan logika serta melakukan perbandingan. Pekerjaan utama dari sebuah komputer dilakukan oleh unit tersebut. Untuk unit control sesuai dengan namanya yaitu untuk mengontrol Intruksi atau perintah dari program yang ada pada komputer. Intruksi tersebut meliputi mengirim perintah kemudian menyimpan perintah dan mengembalikan hasilnya ke memori yang tepat. Yang terakhir adalah input/output digunakan untuk menginput kan data dari luar dan memberikan hasil informasi yang telah diolah keluar dengan bahasa yang dipahami oleh manusia.

Sekarang ini komputer semakin lama semakin berkembang semakin canggih. Dulunya komputer dibedakan berdasarkan dengan pemakaiannya, yaitu komputer digital, komputer analog dan komputer hybrid. Sedangkan untuk sekarang komputer bisa dibedakan berdasarkan dengan ukurannya. Mulai dari komputer yang ukurannya kecil seperti mini komputer atau komputer mikro, smartphone seperti android juga termasuk dalam jenis ini. Kemudian sampai dengan komputer yang besar seperti PC atau personal computer dan ada juga laptop. Dan komputer yang ukurannya sangat besar disebut dengan super komputer.

Sejarah Komputer

pengertian komputer beserta sejarah fungsi dan komponen komputer lengkap 2

Komputer yang kita kenal sekarang ini tentu saja berbeda dengan komputer ada jaman dahulu saat pertama kali ditemukan. Orang yang pertama kali menemukan konsep dari komputer mekanik adalah seorang ahli mekanik bernama Charles Babbage. Beliau menemukan konsep ini pada awal abad ke-19 yaitu pada sekitar tahun 1830 an, oleh karena itu beliau mempunyai julukan sebagai bapak komputer. Namun sayangnya pada masanya, beliau tidak bisa menyelesaikan proyek nya untuk membuat sebuah komputer yang canggih karena ada beberapa kendala yang terjadi. Meskipun begitu desain mesin yang yang dibuat oleh beliau menjadi dasar dari perkembangan komputer selanjutnya. Jadi beliau ini sangat berjasa dalam perkembangan komputer sampai saat ini.

Setelah itu muncullah sebuah komputer baru pada tahun 1872 yaitu komputer analog yang pertama kali ditemukan oleh Sir William Thomson. Komputer analog ini mengalami beberapa beberapa penyempurnaan yang dilakukan oleh beberapa pihak, sampai pada akhirnya komputer analog ini mencapai puncaknya pada tahun 1927. Pada tahun itu banyak perangkat sudah dibuat. Sampai pada akhirnya komputer analog menjadi barang usang dan mulai ditinggalkan oleh orang-orang. Lebih tepatnya pada sekitar tahun 1950-an disaat komputer digital mulai menggantikan popularitas dari komputer analog sebelumnya. Namun beberapa aplikasi tertentu masih menggunakan komputer analog, misalnya adalah aplikasi pesawat terbang dan aplikasi pendidikan.

Komputer digital ini pada awalnya merupakan sebuah komputer analog yang menggunakan electro mekanik, komputer ini muncul sekitar tahun 1939. Pengembangan terhadap komputer terus dilakukan dan pada tahun 1941 dibuatlah sebuah komputer digital yang pertama. Mesin komputer yang dibuat pada saat itu hampir mirip seperti komputer modern yang sekarang ini ada di sekitar kita. Komputer ini sudah menggunakan sistem binner yang membuat mesin pada komputer ini lebih mudah dibangun dan lebih tangguh. Setelah komputer digital ini muncul, berbagai macam komputer digital lainnya mulai bermunculan dan menggeser komputer sebelumnya yaitu komputer analog yang dirasa sudah usang.

Prinsip dari komputer modern ini diajukan oleh Alan Turing pada tahun 1936. Turing ini menawarkan sebuah mesin yang sederhana namun terbukti cukup mampu untuk mengatasi berbagai macam permasalahan perhitungan dengan menjalankan program atau perintah yang disimpan dalam sebuah pita. Konsep dasar yang dimiliki oleh mesin Turing ini adalah penyimpanan program, di mana sebuah program atau intruksi dari proses perhitungan akan disimpan dalam sebuah memory. Meskipun konsep ini memiliki kelemahan yaitu memori yang terbatas, namun konsep ini tetap dipakai untuk mengembangkan berbagai macam komputer modern yang ada berikutnya.

Komputer bisa diklasifikasikan menjadi tiga generasi secara umum. Generasi yang pertama adalah komputer yang menggunakan tabung elektron sebagai processor komputer nya. Komputer pada generasi pertama ini hanya bisa melakukan tugas dan tidak memiliki sistem operasi seperti komputer sekarang. Komputer generasi kedua menggunakan transistor untuk menggantikan tabung yang dirasa terlalu besar, komputer pada generasi kedua ini sudah mempunyai sistem operasi dan memori seperti komputer sekarang. Kemudian generasi ketiga adalah komputer yang berlaku sampai sekarang ini, komputer generasi ketiga menggunakan sebuah ic untuk menggantikan transistor, ukuran dari komputer generasi ketiga ini semakin kecil dan makin canggih dibanding dengan komputer generasi sebelumnya. Selain itu komputer pada generasi ini juga jauh lebih tahan lama dan tangguh. Komputer generasi ketiga juga bisa digunakan untuk menjalankan lebih dari satu sistem operasi pada satu komputer.

Fungsi komputer

pengertian komputer beserta sejarah fungsi dan komponen komputer lengkap 3

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa komputer ini memiliki banyak sekali fungsi yang sangat kompleks. Orang yang ditanya tentang fungsi dari komputer tentunya akan memiliki jawaban yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan komputer untuk memudahkan pekerjaannya, ada yang memakannya untuk belajar, sebagai media untuk berkomunikasi, untuk kegiatan bisnis dan ada juga yang menggunakan komputer untuk hiburan, misalnya bermain game, mendengarkan musik dan sebagainya. Perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya komputer ini memiliki empat fungsi utama yaitu:

#1. Input

Fungsi pertama dari sebuah komputer adalah untuk inpur yaitu untuk memasukan informasi atau data kedalam komputer supaya bisa di baca dan diproses oleh komputer. Contoh dari input ini adalah ketikan kita memasukan informasi atau huruf dengan menggunakan mouse atau ketika kita memberi intruksi ke komputer dengan menggunakan mouse. Kita bisa memasukkan informasi ke dalam komputer dengan menekan keyboard atau mouse kemudian komputer akan memproses input yang kita lakukan tadi. Selain keyboard dan mouse komputer juga bisa mendapatkan informasi dari luar melalui peralatan lain.

#2. Processing

Fungsi utama yang lain dari sebuah komentar adalah untuk melakukan pemrosesan. Yang diproses dalam pemrosesan ini adalah berbagai macam data dan informasi yang didapat dari input tadi. Data input yang dimasukan tadi akan tersimpan di dalam memori internal dan akan diproses untuk menghasilkan sebuah informasi baru yang akan dikeluarkan atau di output kan dengan menggunakan bahasa yang dipahami manusia.

#4. Output

Setelah data tersebut diproses dan menghasilkan sebuah informasi atau data yang baru, informasi tersebut akan dikeluarkan dengan menggunakan fungsi output ini. Hasilnya akan bisa digunakan oleh pengguna dan perangkat lainnya. Perangkat output komputer bermacam-macam contohnya adalah monitor, printer, speaker dan masih banyak lagi. Perangkat-perangkat output ini akan menyajikan hasil dari pemrosesan yang dilakukan komputer tadi agar bisa dibaca oleh pengguna atau perangkat lain.

#5. Storage

Fungsi dari komputer yang terakhir adalah storage atau tempat penyimpanan informasi atau data. Penyimpanan yang dilakukan bermacam-macam tergantung dari bagaimana nantinya informasi tersebut akan digunakan. Selain itu informasi yang disimpan juga dibedakan menjadi dua yaitu data intruksi dan data pengguna. Data instruksi ini biasa atau sering disebut dengan program atau software yang ada di komputer, sedangkan data pengguna adalah data dari user atau orang yang menggunakan komuter tersebut.

Komponen-Komponen Komputer

pengertian komputer beserta sejarah fungsi dan komponen komputer lengkap 4

Ada banyak sekali sama istana komponen-komponen yang ada di komputer. Ada berangkat komputer yang benar-benar harus ada pada sebuah komputer misalnya hardisk haram processor video yang sebagainya. Ada juga berangkat komputer yang digunakan sebagai peralatan tambahan atau perangkat pendukung yang sering kita sebut sebagai peripheral misalnya adalah web game printer scanner modem dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya mungkin pada kesempatan lain akan saya jelaskan secara rinci jadi silahkan kalian kunjungi dan support terus BosTekno supaya bisa menjadi media yang terus konsisten memberikan berbagai macam tutorial dan informasi menarik seputar dunia komputer dan jaringan.

Itulah ulasan mengenai pengertian komputer beserta fungsi dan bagian-bagian komputer yang perlu kalian ketahui. Komputer ini memiliki fungsi sebagai media input, processing system, media input/output  dan sebagai media penyimpanan data atau storage. Dengan hadirnya computer, aktivitas manusia menjadi lebih efektif dan efisien. Kita tidak lagi harus melakukan perhitungan perhitungan yang memakan banyak waktu, mengerjakan tugas sekolah atau kantor pun menjadi lebih mudah dengan adanya komputer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here