pengertian intranet beserta kelebihan dan kekurangannya

Pengertian Intranet Beserta Kelebihan Kekurangan dan Perbedaannya dengan Internet

Diposting pada

Intranet adalah sebuah jaringan tertutup atau private yang dihubungkan mengunakan sebuah protokol protokol TCP/IP dan biasanya jaringan ini banyak digunakan dalam lingkungan perusahaan atau organisasi. Mungkin bagi sebagian dari kalian kata-kata intranet masih sedikit asing, yang kalian tahu mungkin cuma internet, memang intranet ini jarang diketahui oleh orang-orang sekitar padahal sebenarnya jaringan intranet ini sangat sering digunakan.

Saat kalian mendengar kata-kata intranet maka kalian secara otomatis akan menghubungkan nya dengan internet. Namun sebenarnya jika kalian menyamakan intranet dengan internet itu adalah kesalahan, ini karena intranet dan internet adalah hal yang berbeda. Intranet hanyalah sebagian kecil dari internet, dimana intranet hanya meliputi wilayah kecil saja. intranet juga tidak bisa terhubung ke jaringan yang luas jika tidak ada koneksi internet.

Namun kedua hal ini sama-sama berperan penting dalam dunia jaringan komputer. Pada kesempatan kali ini bostekno akan memberikan ulasan mengenai pengertian intranet beserta manfaatkan dan perbedaannya dengan internet. Di sini bostekno kan membahas tentang perbedaan antara intranet dengan internet supaya para pembaca bisa memahami dan tidak salah mengartikan kedua hal ini.

Untuk kalian yang mendalami dunia jaringan tentunya tidak asing dengan yang namanya teknologi intranet ini. Karena lingkupnya yang kecil yaitu hanya meliputi sebuah perusahaan atau organisasi saja, karena itulah sebuah organisasi atau perusahaan harus memiliki seorang teknisi jaringan untuk menunjang tukar menukar informasi dan berbagai data antar sesama pengguna. Sama halnya seperti internet, jaringan intranet juga memiliki komputer server.

Pengertian intranet

pengertian intranet beserta kelebihan dan kekurangannya 1

Seperti yang sudah saya katakan di awal tadi bahwa intranet adalah suatu jaringan tertutup atau private yang dihubungkan dengan mengunakan protokol protokol TCP/IP dan biasanya hanya digunakan dalam lingkungan perusahaan atau organisasi. Jadi bisa dibilang intranet ini adalah jaringan internet versi mini atau versi pribadi dengan skala yang terbatas tidak seperti internet. Penggunaan protokol TCP/IP tersebut dimaksudkan sebagai sarana pengalamatan dan rooting paket data antar house atau pengguna. Dan tentu saja dalam hal ini setiap komputer menggunakan alamat IPv4 yang memang sampai sekarang masih banyak digunakan.

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi tentunya dengan adanya intranet ini sangatlah terbantu dalam menunjang segala urusan. Dengan adanya intranet kebutuhan tukar menukar data antar pengguna bisa dilakukan lebih cepat dan lebih efisien. Karena inilah intranet banyak digunakan di perusahaan atau organisasi. Jaringan intranet pertama diperkenalkan di depan umum pada tahun 1995, dan sampai sekarang sudah banyak inovasi serta pembaruan teknologi yang hadir dari perusahaan yang berfokus pada jaringan komputer.

Manfaat intranet

pengertian intranet beserta kelebihan dan kekurangannya 2

Sekarang ini kepopuleran dari teknologi intranet tidak kalah dengan internet yang sudah lama kita kenal. Sekarang bukan cuma perusahaan dan organisasi aja, bahkan instansi instansi lain seperti sekolah sudah mulai menggunakan teknologi intranet ini. Kemudahan dalam penggunaannya serta perawatannya yang mudah menjadi faktor utama yang membuat masyarakat banyak menggunakan intranet ini. Bukan cuma itu saja, sekarang ini sudah banyak kantor kantor baru yang bergabung serta memiliki tujuan untuk meningkatkan kinerja serta kapasitas dari sebuah jaringan intranet contohnya adalah Cisco Inc.

Intranet memiliki fungsi utama atau manfaat utama yaitu sebagai penghubung antara komputer yang terdiri atas server dan host. Sama seperti internet, dalam jaringan intranet juga melibatkan komponen-komponen penting lainnya seperti host, kabel UTP dan sebagainya. Dengan dihubungkannya beberapa komputer serta pengaturan yang sesuai maka jaringan intranet sudah siap digunakan untuk tukaran menukar data dan informasi antar pengguna.

Dengan adanya intranet dalam lingkungan perusahaan, diharapkan produktivitas bisa meningkat dan memudahkan interaksi serta tukar menukar data dan informasi dalam satu lingkup jaringan tersebut. Daripada kita harus menggunakan flashdisk untuk berbagi informasi dan data, akan lebih efisien serta efektif lagi jika menggunakan intranet untuk tebak informasi dan data tersebut.

Dengan setiap host atau pengguna yang saling berhubungan tentunya akan mempermudah pekerjaan serta meningkatkan kerjasama antar karyawan dalam sebuah perusahaan tersebut. Dan hal ini secara otomatis akan menghemat biaya serta waktu yang diperlukan dalam bekerja.

Kekurangan intranet

pengertian intranet beserta kelebihan dan kekurangannya 3

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat serta kelebihan, intranet juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meskipun teknologi internet ini bisa dibilang lebih murah dibanding teknologi jaringan yang lain, tapi tetap saja diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk membangun nya.
  • Diperlukan training untuk para karyawan supaya bisa menggunakan teknologi intranet secara baik dan benar termasuk dalam aplikasi serta fasilitas yang ada di dalamnya.
  • Banyak aplikasi intranet yang mengandalkan komunikasi tertulis sehingga bisa menyebabkan terjadinya salah paham antar karyawan.
  • Penerapan teknologi intranet ini memerlukan faktor-faktor pendukung seperti tenaga ahli yang tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk perusahaan atau organisasi.
  • Informasi yang salah atau tidak sesuai bisa juga beredar di jaringan intranet sehingga bisa mengurangi efektivitas nya.
  • Bisa terjadi overload atau data penuh dan akibat pengiriman pesanan bebas yang antar pengguna jika tidak dikontrol dengan baik.
  • Adanya kemungkinan untuk mengirimkan hal-hal yang kurang sopan atau kurang sesuai karena perkembangan interaksi di intranet.
  • Pertimbangan keamanan data adalah peramsalahan utama karena pengguna bisa saja mengirimkan pesan yang sensitif yang dapat dilihat oleh banyak orang dalam jaringan tersebut.

Perbedaan intranet dengan internet

pengertian intranet beserta kelebihan dan kekurangannya 4

Sama seperti yang sudah saya jelaskan sebelahnya bawa intranet dan internet memiliki fungsi yang hampir sama. Namun sebetulnya kedua teknologi ini memiliki cara kerja yang berbeda. Dalam hal ini pengertian serta fungsi internet dan internet adalah sama-sama untuk keperluan tukar menukar data dan informasi. Berikut ini adalah perbedaan yang mendasar antara intranet dan internet:

Intranet:

  • Sifatnya tertutup, jadi antar komputer atau pengguna bisa saling mengatur siapa saja yang bisa melihat atau saling tukar menukar data. Dengan ini maka secara otomatis keamanan data akan lebih terjaga.
  • Jangkauannya cukup luas namun masih terbatas hanya pada satu lingkup saja, bisanya itu adalah organisasi, perusahaan ataupun instansi sekolahan.
  • Karena mempunyai jangkauan dan lingkup yang terbatas maka kinerja dari komputer server tidak terlalu berat dan biasanya hanya diperlukan satu buah komputer server saja. Namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi overload karena transfer data yang dilakukan secara bebas dan terus menerus.

Baca Juga: Pengertian Internet, Fasilitas, Manfaat dan Dampak Internet Lengkap

Internet:

  • Sifatnya terbuka, jadi selama pengguna mempunyai koneksi internet, maka proses tersebut bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa memerlukan izin dari server.
  • Jangkauan jaringannya yang sangat luas dan bahkan tidak terbatas, sehingga bisa diakses oleh hampir semua komputer dari berbagai negara di seluruh dunia.
  • Karena internet ini memiliki jangkauan yang tidak terbatas, maka otomatis komputer server yang digunakan atau diperlukan tidak hanya satu melainkan banyak komputer server untuk menampung jutaan pengguna dalam waktu yang bersamaan.

Demikianlah ulasan yang bisa saya berikan kepada kalian tentang pengertian intranet beserta kelebihan kekurangan serta perbedaannya dengan internet. Baik itu intranet ataupun internet sama-sama sama berperan penting dalam kemajuan teknologi sampai sekarang. Namun masih banyak sekali orang yang belum memahami perbedaan dasar antara kedua teknologi tersebut. Dengan ini tentunya kalian sudah memahami pengertian dari intranet, manfaat dari intranet dan perbedaan intranet dengan internet secara detil. Jadi sekarang kalian tidak hanya sekedar bisa menggunakannya saja, sekarang kalian juga sudah memahami perbedaan dan cara kerja dari kedua teknologi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *