pengertian data beserta jenis dan fungsi data lengkap

Pengertian Data, Jenis-Jenis Data dan Fungsi Data yang Perlu Kalian Ketahui

Data adalah kumpulan informasi atau detail serta keterangan daru suatu hal yang didapatkan dari pencarian atau pengamatan sumber-sumber tertentu. Data sering juga disebut sebagai informasi, namun sebenarnya data dan informasi sedikit berbeda. Informasi adalah sebuah hasil dari data yang telah diolah. Sekarang ini data menjadi hal yang sangat penting dalam segala aspek kehidupan. Setiap harinya kalian tidak akan bisa lepas dari informasi dan data yang ada di sekitar kalian.

Tanpa adanya informasi yang ada disekitar kita, maka kita tidak akan bisa mengetahui informasi-informasi terbaru dan tidak akan bisa memecahkan permasalahan yang terjadi. Dan tanpa adanya sebuah data yang dicari maka tidak akan ada yang namanya informasi serta solusi dari msalah yang dihadapi sehari-hari. Namun sangat disayangkan sekali bahwa banyak sekali orang yang tidak mengetahui fungsi dan betapa pentingnya data dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini bostekno akan menjelaskan sedikit tentang Pengertian Data Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya Lengkap. Istilah data ini tidak hanya sering dijumpai dalam ilmu komputer saja, namun hampir dalam segala aspek kehiduapan seperti sosial, pendidikan, penelitian, dan sebagainya. Okeh, langsung saja berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai data yang perlu kalian ketahui.

Pengertian Data

pengertian data beserta jenis dan fungsi data lengkap 1

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya di awal bahwa pada dasarnya data adalah sebuah kumpulan infomasi dan keterangan dari suatu hal yang didapatkan dari sebuah pencarian ataupun pengamatan dari sumber-sumber tertentu. Data yang diperoleh ini bisa saja menjadi sebuah anggapan atau fakta karena belum diolah lebih lanjut lagi. Setelah data tersebut diolah maka data tersebut akan menjadi bentuk yang lebih kompleks lagi yaitu seperti database, informasi atau bahkan bisa saja solusi untuk sebuah masalah tertentu.

Jika dilihat dari segi bahasa, kata “data” diambil dari bahasa Romawi “datum” yang berarti sesuatu yang diberikan. Oleh karena itu, definisi sebenarnya dari sebuah data adalah diberikan bukan memberikan, karena jika data tersebut kita berikan maka data tersebut sudah menjadi informasi yang baku dan sudah diakui kebenaran data tersebut. Istilah data ini memang sangat sering dijumpai dalam bidang komputer dan penelitian.

Jika kalian mendalamin bidang komputer, maka istilah database atau software untuk mengolah data sudah tidak asing lagi untuk kalian. Sedangkan dalam sebuah penelitian, sudah menjadi hal yang wajib bahwa setiap peneliti harus mencari data dengan cara melakukakn pengamatan / observasi sebelum data tersebut dikaji lebih lanjut dan akhirnya menjadi sebuah hasil penelitian. Hal ini sering sekali dijumpai dalam bidang pendidikan seperti skripsi atau pembuatan jurnal.

Jenis-Jenis Data

pengertian data beserta jenis dan fungsi data lengkap 2

Karena istilah data ini hampir ada di semua aspek kehidupan, maka tidak heran jika suatu data bisa dikelompokan menjadi beberapa jenis. Ada banyak sekali parameter untuk pengelompokan data, namun kebanyakan data dikelompokakn berdasarkan sifatnya, waktu pengabilan, sumber data berasal dan masih banyak lagi.

#1. Berdasarkan sifat-sifatnya

Data jika dikelompokan berdasarkan sifat-sifatnya dibedakan menjadi dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Kedua jenis data ini paling sering digunakan dalam bidan penelitian yang biasa dilakukan oleh para peneliti. Apa itu data kualitatif dan data kuantitatif? Beriktu penjelasannya.

  • Data Kualitatif, adalah data yang biasanya dijumpai dalam bentuk gambar, verbal, dan bahkan simbol.
  • Data Kuantitatif, adalah data yang lebih mengarah kepada pernyataan secara terbilang atau gampangnya adalah angka.

#2. Berdasarkan waktu pengambilannya

Berikutnya sebuah data juga bisa dibagikan berdasarkan waktu pengumpulan atau pengambilan data tersebut. Ada dua jenis data jika dilihat dari waktu pengambilannya yaitu data berkala dan data cross section.

  • Data berkala, adalah data yang bisa kita jumpai dalam kegiatan seperti survei penduduk dan kebutuhan penduduk dalam satu tahun terakhir.
  • Data cross section, adalah data yang terkumpul pada waktu tertentu misalnya seperti hasil ujian dari seorang siswa yang didapatkan setelah selesai melaksanakan ujian.

#3. Berdasarkan sumbernya

Data bisa kita dapatkan dari cara memperoleh atau mendapatkan yang berbeda-beda. Perbedaan sumber ini juga bisa dijadiakan pengelompokan data berdasarkan sumbernya. Berdasarkan sumber, data dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder.

  • Data primer, adalah data asli yang didapatkan dari sumber-sumber tertentu didapat dari objek penelitian.
  • Data sekunder, adalah sebuah data tambahan yang didapatkan dari sumber-sumber terdahulu seperti jurnal, buku, gambar dan sebagainya.

Fungsi Data

pengertian data beserta jenis dan fungsi data lengkap 3

Fungsi data secara umum adalah sebagai bahan atau acuan pertimbangan dalam melakukan tindakan. Istilah data lebih sering kita dengar dalam bidang komputer dan penelitian, namun sebenaranya pada setiap aspek kehidupan membutuhkan yang namanya data ini. Untuk para peneliti, sebuah data bisa dijadikan sebagai landasan utama penelitian mereka. Dalam bidang komputer juga tidak lepas dari data, dalam penggunaan komputer selalu melibatkan data untuk memecahakan masalah.

Berdasarkan hal di atas tadi bisa disimpulkan bahwa sebuah data memiliki fungsi sebagai landasan utama dari sebuah penelitian atau perencanaan, untuk membuat keputusan terbaik untuk memecahkan sebuah masalah, dijadikan sebagai acuan dalam setiap implementasi suatu kegiatan, selain itu data juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi. Data ini merupakan dasar dari segala hal atau tindakan yang dilakukan, jadi inilah kenapa data selalu ada dalam setiap aspek kehidupan.

Itulah sedikit informasi yang bisa bostekno berikan kepada kalian mengenai pengertian data beserta data beserta jenis dan fungsinya (lengkap). Selain jenis-jenis data yang bostekno tadi sebutkan di atas, masih banyak jenis data yang ada yang jika dibahas akan sangat panjang. Mungkin kalian memiliki pengelompokan data menurut kalian sendiri? Kalian bisa tuliskan di kolom komentar, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *