Mochamad Alif Prayogo Founder dan CEO BosTekno.COM

Pengertian Adware : Contoh Adware, Bahaya Adware, dan Cara Mengatasinya

4 min read

pengertian adware beserta contoh adware dan cara mengatasinya

Memahami pengertian adware dan cara mengatasi adware. Pada kesempatan kali ini bostekno akan memberikan dan membahas informasi tentang pengertian hardware beserta contoh dan cara mengatasinya. Seperti yang kalian ketahui bahwa Adware ini merupakan salah satu jenis Malware yang sering menyerang Komputer, Laptop, ataupun perangkat mobile kalian seperti Smartphone dan Android. Adware ini jika dibiarkan akan bisa merusak dan menyebabkan kerugian pada Komputer atau HP Android kalian. Oleh karena itu kalian harus tahu apa itu hardware, pengertian hardware dan cara mengatasi hardware.

Sekarang ini kita semakin mudah mendapatkan akses ke koneksi internet. Kita bisa mendapatkan informasi yang kita butuhkan melalui Internet dengan sangat mudah. Hanya dengan menggunakan Smartphone Android kita sudah bisa mendapatkan informasi lengkap dari seluruh penjuru dunia. Karena memang prinsip dari Internet ini adalah untuk mendekatkan yang jauh sehingga kita dapat mendapatakn inforamsi dari belahan dunia lain dengan sangat mudah lewat Internet.

Sebagai pengguna internet tentu kalian pernah mengalami ganguan ketika sedang menjelajah di Internet. Entah itu mencari informasi ataupun ingin mendownload sebuah aplikasi di situs tertentu. Ketika ingin mendownload aplikasi di situs tertentu pasti kalian pernah dialihkan ke halaman tertentu dan disuruh untuk menginstall aplikasi yang tidak jelas untuk melanjutkan unduhan. Nah biasanya aplikasi ini merupakan aplikasi iklan yang disisipkkan ke perangkat lunak komputer kalian.

Perangkat lunak ini menempel pada komputer user tanpa mereka ketahui. Software ini akan memanfaatkan kebutuhan user akan informasi dengan cara menyisipkan pranala-pranala yang menuju ke situs promosi. Software atau perangkat lunak seperti inilah yang dinamakan dengan hardware. Kebanyakan hardware akan kalian setelah kalian mendownload aplikasi atau program di situs-situs tertentu, biasanya di awali dengan munculnya popup yang menggangu. Supaya lebih paham tentang adware, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Adware Beserta Contoh dan Cara Mengatasinya Lengkap

Kali ini bostekno akan memberikan informasi yang berhubungan dengan Adware dimana Adware ini merupakan salah satu dari jenis Malware. Malware ini juga biasanya terdapat pada aplikasi bajakkan, karena perlu kalian ketahui bahaya software bajakan sangatlah fatal. Berikut ini akan kami jelaskan apa itu adwre, contoh adware dan cara mengatasi adware.

1. Pengertian Adaware

Adware merupakan bahasa Inggri yang terdiri dari kata “Ad” yang berarti “Iklan” dan “Ware” yang berarti “Perangkat”. Pengertian Adware adalah sebuah perangka lunak atau program yang memiliki kemampuan untuk menginstall dirinya sendiri pada komputer user tanpa diketahui oleh si pengguna komputer, kemudian komputer user akan menampilkan iklan ketika user sedang mencari informasi yang ada di internet atau sedang berselancar di internet.

Iklan yang ditampilkan oleh Malware adware ini berbeda-beda, terdapat iklan adware yang sangat mengganggu. Contohnya adalah iklan pop-up yang tiba-tiba muncul dan mengalihkan halaman yang kita tuju ke halaman iklan yang tidak kita inginkan. Selain itu kadang juga iklan muncul di browser kita dengan menampilkan sebuah mesin pencarian khusus. Kadang juga kita dialihkan ke halaman situs prono yang tidak kita inginkan.

Bagaimana Adware Terpasang di Komputer?

Biasanya adware ini memanfaatkan aplikasi gratisan seperti software Shareware dan Freeware untuk bisa memasuki komputer pengguna. Dalam aplikasi open source tersebut biasanya akan disisipi sebuah program adware yang bisa masuk ke komputer pengguna. Jadi ketika user melakukan penginstallan pada aplikasi tersebut, maka otomatis Adware yang ada di dalamnya juga ikut terinstall. Sebenarnya dalam proses penginstallan hadware ini menampilkan persetujuan pengguna, namun banyak penggua yang tidak menyadarinya.

Alhasil adware ini pun ikut terinstall ke perangak kalian. Karena seperti yang kalian ketahui bahwa banyak orang hanya mengikuti langkah installasi tanpa membaca persetujuan yang ada ketika penginstallan berlangsung. Program Adware yang terpasang pada komputer ini bisa berupa sebuah aplikais atau sebuah plugin yang terpasan dan menempel pada browser yang kalian gunakan.

Bahaya Adware untuk Pengguna Komputer

Adware berbeda dengan virus maupun Spyware, dimana adware ini tidak memiliki kemampuan untuk merusak sistem ataupun hardware yang ada di komputer. Malware Adware ini hanya menampilkan iklan-iklan yang mengarahkan kalian ke situs-situs yang tidak kalian inginkan. Ada hardware yang memiliki kemampuan untuk memata-matai kegiatan pengguna, tujuannya disini untuk mengetahui minat si pengguna sehingga dapat menampilkan iklan yang relevan.

Mereka akan mengirimkan informasi tersebtu kepada perusahaan seihgga iklan yang ditampilkan bisa menarik minat si pengguna. Dan dengan menggunakan metode ini si user akan lebih tertarik dengan iklan yang ditampilkan oleh Adware. Namun meskipun begitu, adware ini tidak memiliki kemampuan langsung untuk merusak sistem dan hardaware yang ada di ompputer. Namun meskipun begikut hardware ini merugikan kalian. berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kalian waspadai dari Adware.

Kerugian yang diakibatkan Adware:

  • Pengguna terganggu dengan adanya iklan yang muncul dan komputer tanpa mereka inginkan.
  • Pengguna akan kesulitan dalam mencari informasi yang mereka inginkan. Karena dengan adanya adware ini hasil pencarian yang muncul penuh dengan informasi yang merujuk ke situs promosi akibat adanya adware.
  • Program adware ini bisa menjelma sebagai mesin pencari di browser kalian. mesin pencari ini memiliki kemampuan yang tidak terlalu memumpuni dan masih meragukan.
  • Dan yang paling berbahaya dari adware adalah ada beberapa adware yang memasang iklan berbahaya dimana mereka mengarahakan user ke situs atau aplikasi berbahaya yang mengandung virus, worm, malware, ataupun spyware.

Contoh Adware

Berikut ini adalah beberapa contoh adware yang sering muncul dan ada pada perangkat komputer user:

  • MyStartSerach
  • WebSearches

Nah itulah pengertian adware yang mungkin perlu kalian ketahui beserta dengan kerugian yang kalian peroleh ketika terdapat adware pada perangkat komputer atau android kalian. Kemudian selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi adware yang muncul pada komputer dan android kalian. Simak ulasan berikut ini.

2. Cara Mengatasi Adware di Komputer / Laptop dan HP Android

Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi dan mencegah hardware yang masuk atau sudah ada di perangkat komputer dan android kalian. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi adware di komputer dan android termudah.

  • Menggunakan Antivirus. Cara pertama adalah dengan menggunakan antivirus terpercaya untuk mengatasi adware. Cara ini sudah terbilang cukup ampuh untuk menghilangkan adware yang ada di komputer ataupun perangkat android kalian. Dengan adanya antivirus ini kalian akan lebih aman, kaerna ketika penginstallan program berbahaya akan langsung terdeteksi oleh antivirus dan proses penginstallan tersebut digagalkan. Selain itu ketika memasuki situs berbahaya kalian juga akan diberi peringatan.
  • Lebih Berhati-hati. Kalian harus berhati-hati ketika melakukan penginstalan aplikasi tertentu, usahakan baca dengan teliti mana persetujuan menginstall aplikasi dan adware. Ketika melakukan penginstalan biasanya adware jug ikut terpasang karena pengguna tidak melakukan instalasi custom. Selain itu jika kalian browsing di internet, kunjungi situs yang sudah terpercaya dan bebas dari malware seperti adware.
  • Hapus Adware. Silahkan kalian periksa aplikasi yang terinstall di komputer kalian, biasanya adware ini akan menampilkan iklan ketika komputer atau android kalian terkoneksi ke internet. Hapuslah aplikasi yang tidak diperlukan dan tidak digunakan namun membutuhkan koneksi internet. Uninstall program yang kalian curigai sebagai adware, namun kalian tetap harus hati-hati jangan sampai salah uninstall aplikasi sistem.

Nah itulah informasi tentang pengertian adware yang perlu kalian ketahui. Adwre merupakan malware yang harus kalian hapus dari perangkan komputer dan android kalian, karena adware ini bisa menggangu kegiatan browsing kalian di internet. Karena seperti yang kalian keahui bahwa adware bisa menampilkan iklan yang tidak kalian inginkan ketika sedang berselancar di Internet, selain itu adware juga bisa menampilkan iklan atau aplikasi yang di dalamnya mengandung virus dan malware lainnya.

Demkianlah informasi yang bisa bostekno sampaikan kepada kalian tentang pengertian adware beserta contoh dan cara mengatasinya lengkap. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Jadi sekarang kalian tahu apa itu adwre dan bagaimana cara untuk mengatasi adware yang ada pada perangkat komputer dan android kalian. Sekian, jika masih bingung dan ada yang ingin dsampaikan silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo Founder dan CEO BosTekno.COM

3 Replies to “Pengertian Adware : Contoh Adware, Bahaya Adware, dan Cara…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.