Cara Unlock Bootloader Xiaomi (Semua Seri) dengan Mudah

Diposting pada
Bagi sekali pengguna xiomi yang ingin sekali pindah ROM, memasang TWRP, root ponsel mereka, dan hal-hal lain menggunakan ponsel xiomi mereka. Namun untuk melakukan semua itu mereka telebih dahulu mengunlock bootloader pada ponsel mereka, hal ini karena sekarang xiomi sudah menggunakan sistem Lock Bootloader. Terkecuali dengan ponsel xiomi seri Redmi S1 dan Redmi S2, pada ponsel ini kita tidak perlu melakukan unlcok bootloader.

Cara Unlock Bootloder Xiomi dengan Mudah Untuk Semua Seri Xiomi
Berhubung dengan masalah dimana bagi kalian pengguna xiomi harus meng unlock bootloader kalian terlebih dahulu. Pada kesempatan yang saya punya kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara unlock bootloader xiomi dengan mudah, untuk semua seri xiomi. Oleh karena itu, silahkan kalian ikuti dibawah ini, namun sebelum itu kalian harus mengetahui dampak dari unlock bootloader.


Dampak Dari Unlock Bootloader Android Kalian

Sebelum kalian mengikuti langkah-langkah ini lebih lanjut, kalian harus mengetahui dampak apa saja yang akan kalian dapatkan setelah meng unlock bootloader ponsel xiomi yang kalian miliki. Beberikut ini beberapa dampak negatif yang bisa saja kalian terima setelah kalian meng unlock bootloader ponsel xiomi milik kalian, berikut adalah dampaknya:

#1. Ponsel menjadi rentan dan kurang aman serta mudah terserang oleh virus seperti malware.
#2. Hilangnya fitur yang memerlukan keamanan, diantaranya adalah fitur added-value services, Find Device, dan fitur-fitur yang serupa. 

Tapi apabila setelah beberapa bulan kalian tidak merasakan dampak negatif dari unlock bootloader, maka kalian harus bersyukur. Karena kejadian seperti ini memang kadang terjadi, setelah ponsel kalian di bootloader malah makin bagus dan mudah dipakai. Bagi kalian yang masih ragu-ragu untuk unlock bootloader ponsel xiomi kalian, silahkan kalian pikir-pikir lagi.

#Kalau Ponsel-nya udah di unlock bootloader, emang kenapa?

Setelah kalian meng unlock bootloader ponsel kalian, maka seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi, kalian bisa melakukan berbagai hal. Setelah ponsel di unlock bootloader maka kalian bisa me-root ponsel kalian, kalian juga bisa memasang XPOSED dan TWRO untuk mengganti custom ROM dari ponsel kalian menjadi ponsel yang lain seperti samsung, lenovo, dsb.

#Apakah meng unlock bootloader ponsel bisa mengakibatkan ponsel lemot?

Saya rasa tidak, malahan menurut saya sebaliknya. Dengan meng unlock bootloader kita jadi bisa melakukan root pada ponsel xiomi kita sehingga kita mempunyai akses penuh terhadap ponsel kita. Dengan ini ponsel yang kita gunakan menjadi lebih cepat, kita bisa membuatnya menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Gimana? Sudah yakin mau unlock bootloader ponsel kalian? Kalau memang sudah yakin silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah-Langkah Unlock Bootloader Semua Xiomi

#Bahan yang dibutuhkan:

  • Akun  Mi
  • Kabel Data
  • Komputer / Laptop yang konek internet
#Langkah-langkah:

1. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah kalian harus apply ke en.miui.com/unlock. 
2. Kemudian pilih Unlock Now.


3. Setelah itu kalian akan dialihkan ke sebuah halaman Login, disini silahkan kalian masukan email, atau bisa juga menggunakan nomor hp, kemudian password.

4. Apabila kalian sudah pernah membuat sebuah Nickname Forum, maka kalian akan dialihkan ke halaman seperti ini (lihat gambar di bawah ini). Silahkan kalian isi dengan nickcame atau nama panggilan kalian. Kalian bebas mau mengisinya dengan nama apa, yang penting nama tersebut belum pernah digunakan. Supaya lebih gampang silahkan kalian tambahkan angka dibelakang nickname kalian. 

Contoh: ponselmi34.



5.Kemudian setelah itu, kalian akan menjumpai sebuah halaman seperti dibawah ini. Silahkan kalian isi dengan data diri yang kalian miliki dengan ketentuan mengisi sebagai berikut:



Nomor 1: Nama Kalian
Nomor 2: Negara Kalian
Nomor 3: Nomor HP kalian (Nomor hp yang kalian masukan disini harus yang masih aktif, karena nantinya nomor ini akan digunakan untuk menerima kode untuk verifikasi.)
Nomor 4: Isikan alasan kalian yang menyebabkan kalian ingin meng unlock bootloader ponsel kalian (isikan menggunakan bahasa inggris).
Nomor 5: Masukan kode captcha yang terdapat pada sebelah kanan-nya.
Nomor 6: Centak kotak konfirmasi.

6.Setelah itu, silahkan kalian tekan Apply Now.



7. Setelah itu, silahkan kalian tunggu beberapa menit, kemudian kalian akan menerima sebuah pesan ke nomor yang tadi kalian masukan. Kemudian masukan kode yang dikirim tadi ke kolom yang disediakan (lihat gambar).



8. Tapi apabila setelah kalian menunggu lama kira-kira 5 menitan, maka kalian tekan tombol berikut untuk mengirim ulang kode-nya.



9. Setelah itu, silahkan kalian tap tombol Next, maka setelah kalian menekannya akan muncul sebuah halaman seperti gambar di bawah ini.



Apabila kalian sudah memasuki halaman seperti gambar di atas, maka kalian harus menunggu sekitar 2-5 hari. Setelah itu kalian akan diberitahukan melalui SMS, pesan itu berisi tentang kalian yang sudah diizinkan untuk unlock bootloader ponsel kalian. Apabila kalian belum menerima pesannya, maka kalian belum diperbolehkan.

Setelah kalian menerima pesan bahwa kalian sudah boleh unlock bootloader ponsel xiomi kalian, silahkan kalian lanjutkan ke langkah-langkah yang sebenarnya.

1.Pertama download terlebih dahulu file MiUnlock [Disini]

2.Seteah kalian download file di atas, ekstarklah file tesebut.

3.Setelah itu bukalah folder hasil ekstrakan tadi, kemudian jalankan aplikasi yang bernama “MiFlashUnlock.exe”

4.Setelah kalian membukanya, kalian akan menjumpai tampilan seperti di bawah ini. Silahkan kalian tap tombol Agree.


5.Kemudian silahkan kalian Login menggunakan akun Xiomi miliki kalian yang tadi sudah diizinkan untuk di onlock bootloadernya atau yang tadi sudah mendapat sms.


6.Setelah kalian Login, bukalah pengaturan pada ponsel kalian.

7.Silahkan kalian tekan About Phone atau kalau dalam bahasa Indonesia Tentang Ponsel. Kemudian pada Miui version silahkan kalian tekan sebanyak 7 kali.

8.Selanjutnya, kembalilah ke Pengaturan, kemudian pilih Additional setting à Developer Option atau Mode Pengembang, setelah itu silahkan kalian aktifkan USB Debugging.

9.Setelah itu silahkan kalian matikan ponsel kalian, kemudian saat ponsel kalian dalam keadaan mati, silahkan kalian tekan tombol Volume Bawah + Power. Setelah itu kalian akan masuk ke dalam Fastboot Mode disitu terdapat gambar Mi Bunny-nya.

10.Setelah itu, silahkan kalian hubungkan ponsel kalian tadi ke komputer atau laptop kalian menggunakan kabel data yang sudah kalian siapkan sebelumnya.

11.Silahkan kalian tekan Unlock.



Itulah tutorial bagaimana cara unlock bootloader semua seri xiomi dengan mudah. Dengan ini kalian sudah bisa melakukan root, memasang TWRP, dan berbagai hal lain, yang membuat ponsel kalian makin keren dan menarik. Mungkin cum ini yang dapat saya sampaikan saat ini, semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman kalian yang belum tahu yah….,

Seorang pelajar SMKN 2 Bawang yg lagi belajar ngeblog. Memiliki hobi nonton anime, baca manga, manhwa, dan baca novel….,