Cara Mepercepat Kinerja PC / Laptop Supaya Tidak Lag dengan Mudah

Diposting pada
Cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop – Komputer merupakan sebuah perangkat keras yang bisa diguanakan untuk berbagai macam hal, bisa untuk bekerja, bisa untuk bermain game, bisa untuk menonton film dan kegiatan-kegiatan lainnya. Semakin lancar komputer yang kita gunakan, semakin memuaskan pula pekerjaan atau kegiatan yang kita lakukan dengan menggunakan komputer.

Tapi tidak selamanya komputer berjalan lancar, jika kita menginstal aplikas atau game yang membutuhkan space sangat besar, tentunya komputer kita akan mengalamai lag saat melakukan atau saat menggunakan aplikasi atau game tersebut. Memiliki komputer yang lambat dan lag saat menjalankan aplikasi sangat menguji kesabaran kita.

Cara Mepercepat Kinerja Komputer Supaya Tidak Lag dengan Mudah
Apalagi saat kita sedang mengerjakan tugas yang harus segera selesai, pastinya akan sangat menguji kesabaran kita. Untuk itu kalian harus menjaga dan merawat komuter kalian suapaya komputer kalian tidak lambat dan lag, berikut ini akan saya jelaskan beberapa cara merawat dan hal-hal yang harus kalian lakukan supaya komputer atau laptop yang kalian tidak lagi lambat.

Langsung saja, untuk mengatasi komputer yang semakin lama semakin lambat, ada beberapa hal yang harus kalian lakukan, apa saja itu? silahkan simak baik-baik okehh….,

Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop

1.) Instal Sistem Oprasi yang Ringan

Apa itu sistem operasi? Bagi yang belum mengerti silahkan baca Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi . Sistem operasi memegang peranan yang sangat penting dalam kinerja komputer atau laptop kalian. Mungkin kalian pernah mendengar istilah downgrade sistem oprasi pada smartphone atau Android kalian. Downgrade dilakukan untuk meningkatkan kinerja smartphone dengan menggunakan sistem operasi yang requirement nya lebih rendah.

Tidak jauh berbeda dengan komputer dan laptop, saat kalian meggunakan sistem operasi yang minimum system requiment memory, misalnya RAM 2GB dan laptop yang kalian gunakan memiliki memori RAM 2GB, maka sistem operassi tersebut bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala, tapi untuk meningkatkan performan atau kinerja komputer yang kita gunakan, kita disarankan untuk menggunakan sistem operasi dengan minimum system requiment memory yang lebih rendah dari memori yang kita gunakan.

2.) Insatal Perangkat Lunak yang Ringan dan Efisien

Kalian cukup menginstal aplikasi yang ringan dan seperlunya saja untuk kebutuhan kalian. Aplikasi apa saja yang kalian butuhkan untuk melakukan pekerjaan kalian?  Microsoft Office? Apakah Office Word, Office Excel, Office PowerPoint, Office Access, Office OneNote, Office Outlook, Office Publisher, Office InfoPath atau semuanya?

Ya, saat kalian hanya membutuhkan Office Word untuk mengelola dokumen, Office Excel untuk pekerjaan yang membutuhkan formulasi, Office PowerPoint untuk presentasi dan mungkin Office Outlook untuk mengelola email, perangkat lunak pengolah basis data (Office Access, yang mungkin tidak pernah Anda gunakan) ikut ter-install, hal tersebut tentu saja merupakan ketidak efisienan ruang kosong dalam hard disk drive laptop kalian.
Jika kalian merasa aplikasi-aplikasi yang kalian gunakan berat, cobalah beberapa aplikasi lain yang memiliki fungsi sama tapi ringan saat dijalankan. Kalian dapat mempertimbangkan perangkat lunak alternatif dibawah ini untuk mengganti perangkat lunak yang saat ini terinstall pada laptop kalian, atau kalian dapat mengonsultasikannya dengan teknisi komputer yang kalian percaya.
Perangkat LunakFungsiAlternatif
Office Word 2013 keatasPengolah KataAbiWord atau Office Word 2010
CorelDRAW X5 keatasPengolah Grafis VektorInkScape atau CorelDRAW X3
Photoshop CS5 keatasPengolah Grafis BitmapGIMP atau Photoshop CS3
Internet ExplorerWeb BrowserGoogle Chrome / Opera
Windows Media PlayerVideo & Audio PlayerMPC (Media Player Classic)
Adobe Acrobat ReaderPDF ReaderFoxit Reader atau Google Chrome

3.) Instal Driver Tebaru
Driver sangat penting untuk menjembatani sistem operasi dengan perangkat keras yang digunakan. Saya sarankan untuk rajin mengupdate driver, karena diriver dapat meningatkan kinerja perangkat keras menjadi lebih optimal sehinggak kinerja komputer juga ikut meningkat.
Mungkin sebagai alternatif kalian dapat menggunakan kumpulan driver untuk mendeteksi dan menginstall driver pada laptop kalian, misalnya DriverPack Solution, perangkat lunak yang berisi kumpulan driver yang secara otomatis mendeteksi perangkat keras pada laptop kalian dan menawarkan untuk instalasi driver yang sesuai.
4.) Perbesar Kapasitas RAM dan Harddisk
Jika komputer kalian digunakan untuk melakukan multitasking pastinya kalian akan merasa komputer kalian menjadi lambat bahkan kadang terjadi lag. Untuk itu kalian harus menambah kapasitas RAM komputer kalian menjadi lebih besar supaya proses multitasking menjadi lebih lancar jaya.
Memperbesar Harddisk juga penting untuk mempercepat kinerja komputer kalian, jika space komputer kalian dirasa tinggal sedikit maka kalian harus mengupgradenya menjadi lebih besar, itu jika kalian mempunyai dana lebih. Tidak ada salahnya kalian membeli harddisk eksternal untuk menambah kapasitas pada kompyter kalian. Karena apabila space hampir penuh, komputer akan mengalami lag.
5.) Hapus File Sampah pada Recycle Bin
File sementara (sampah) yang ada pada recyce bin dapat memperlambat kinerja komputer/laptop kalian, selain itu sampah pada recycle bin juga memakan space pada komputer kalian. Oleh karena itu kalian harus menghapus file-file yang ada pada recycle bin.
Sebelum menghapusnya, kalian harus memastikan jika tidak ada file yang penting pada recycle bin kalian, jika sudah kalian cek dan tidak ada file pentingnya lagi, silahkan kalian hapus dengan cara klik kanan icon Recycle Bin, kemudian pilih Empety Recycle Bin.
6.) Uninstall Program yang Tidak Penting
Hapuslah atau uninstal program yang tidak penting atau tidak pernah kalian gunakan sama sekali, untuk apa kalian menginstall program yang tidak kalian gunakan, ini hanya akan menambah beban komputer dan membuang space harddisk kalian, jadi kalian harus menghaapusnya.
Untuk menguninstall program, kalian bisa melakukannya melalui Start -> Control Panel -> Uninstall a program, kemudian kalian pilih program-program yang tidak penting dan uninstallah program-program tersebut.
7.) Minimalkan Program yang Berjalan pada Startup
Program-program yang berjalan pada saat komputer startup menjadi salah satu faktor menurunnya kinerja komputer .Saya saranakan kalian untuk mematikan/menonaktifkan program-program yang tidak penting dan tidak perlu dijalankan pada saat startup.
Bagaimana caranya? Caranya tekan tombol Win+R -> ketik msconfig -> pilih tab Startup, kemudian uncheck program yang tidak penting. Bisa juga menggunakan aplikasi CCleaner.
8.) Instal Antivirus
Kalian harus menginstal antivirus pada komputer atau laptop kalian. Kenapa kita harus menginstal antivirus? Karena rata-rata virus menyebabkan kinerja komputer kita menjadi tidak optimal dan menjadi lambat, selain itu virus juga menyebabkan kerusakan pada file-file yang kita punya.
Tidak ada salahnya menginstal antivirus untuk melindungi komputer kalian, tapi perlu diingat, kalian harus menggunakan antivirus yang tepat dan tidak menggangu atau memperlambat kinerja komputer kita. 
9.) Custom Virtual Memory
Meskipun pengaruhnya tidak sebesar RAM cara ini patut dicoba, karena virtul memory dapat meningkatkan kinerja komputer kalian. Untuk mengatur seberapa besar virtual memory yang kalian inginkan kalian bisa mengaturnya dengan cara berikut ini:
  1. Masuk ke Control Panel -> System and Security -> System, atau bisa dengan menekan tombol Win+Pause.
  2. Pilih Advanced system setting
  3. Pindah ke tab Advanced, kemudain pilih Settings pada menu Performances.
  4. Pindahkan lagi ke tab Advanced, kemudian pilih Change pada menu Virtual Memory.
  5. Uncheck Automatically manage paging file size for all drives. Selanjtnya  pilih Custom size dan tentukan seberapa besar jumlah memory virtual yang kalian inginkan. Untuk maximum size bisa anda isikan 2X Initial size. Setelah itu pilih Set, kemudian pilih OK.
10.) Minimalisir Penggunaan EfekVisual

Efek visual memang kelihatan menarik , semakin  banyak efek visual yang kalian pakai, semakin menarik dan indah pulah tampilan dari komputer kalian. Tapi hal ini membawa dampak buruk yaitu memperlambat kinerja komputer kalian, semakin banyak efek visual semakin lambat pula komputer kalian.

Untuk itu kalian harus meminimalisir penggunaan efek visual pada komputer kalian. Bagaimana caranya? Caranya sebagai berikut:

  1. Masuk ke Control Panel -> System and Security, kemudian pilih Advanced system setting.
  2. Pindah ke tab Advanced, kemudain pilih Settinga pada menu Performances.
  3. Pada tab Visual Effect, silakan pilih custom dan uncheck efek visual yang tidak diperlukan. Kalian bisa melihat settingan efek visual yang saya gunakan yang terdapat pada gambar berikut ini. Jika ada efek visual yang biasanya muncul, tetapi tidak muncul, silakan kembalikan ke default.
#Note:
    1. Pilih Let Windows choose what’s best for my computer, jika kalian ingin windows sendiri yang menentukan efek visual apa saja yang terbaik untuk komputer kalian.
    2. Pilih Adjust for best appearance, jika kalian ingin dekstop kalian dalam tampilan yang paling baik. Tapi dampaknya komputer menjadi lambat.
    3. Pilih Adjust for best performance, jika kalian ingin komputer kalian dalam kinerja yang paling baik. Tapi siap-siap saja, mata anda bakalan ‘tersiksa’, karena dekstop anda tampilannya bakalan jelek banget. Tapi opsi ini cocok sekali untuk gaming.
        11.) Gunakkan Disk Cleanup

        Tool ini berguna untuk untuk menghapus file-file sementara pada ruang penyimpanan kalian. Dengan tool ini, kalian bisa memilih drive mana saja yang ingin kalian bersihkan dari file-file sementara. Cara menggunaka tool ini sangat mudah, yaitu klik kanan drive yang ingin dibersihakan -> Pilih Properties kemdian pilih Disk Cleanup.

        12.) Gunakan Disk Defragmenter

        Apa itu Dfragmenter? Disk Dfragmenter adalah suatu program yang berguna untuk menyusun kembali file-file yang diperbarui baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Disk Dfragmenter berfungsi untuk menjaga kestabilan Komputer dan Harddisk. Dfraagmenter mampu menyelesaikan boot sector dalam harddisk atau pun errror program.

        13.) Hapus Gadget yang Tidak Penting pada Dekstop

        Mungkin hal ini kelihatan sepele, tapi gadget yang terdapat pada layar dekstop kalian juga memengaruhi  kecepatan dan kinerja komputer kalian lho. Sebaiknya kalian menghapus gadget-gadget yang tidak penting dan tidak pernah digunakan, supaya kinerja komputer makin mantap.

        Nah itulah beberapa tips dan trik Cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop yang kalian punya, sebenarnya masih ada banyak faktor-faktor lain, jika kalian mau membantu silahkan tambahkan tips dan trik lainnya supaya komputer makin wus wus, dan semoga artikel ini bermanfaaat bagi kalian, terimakasih.

        Seorang pelajar SMKN 2 Bawang yg lagi belajar ngeblog. Memiliki hobi nonton anime, baca manga, manhwa, dan baca novel….,