cara menonaktifkan play protect di android

Installan Diblokir? Begini Cara Menonaktifkan Play Protect di HP Android

Cara Menonaktifkan Play Protect di Android – Semakin bertambahnya tahun, teknologi yang ada di sekitar kita semakin maju dan canggih. Dan salah satu hal yang paling meningkat kemajuannya adalah Smartphone. Sekarang ini kita bisa menjumpai berbagai macam jenis Smartphone Android di sekitar kita dengan harga yang relatif murah. Meskipun murah dan pas dengan isi kantong kita, spesifikasi yang diberikan tidaklah murahan alisan lumayan.

Dengan menggunakan Android dan berbagai aplikasi pendukung yang bisa di download di Play Store, kita bisa mempermudah dan mempersingkat pekerjaan yang ingin kita lakukan atau sesuatu yang ingin kita lakukan. Misalnya saja sekarang sudah ada aplikasi belanja Bukalapak, Tokoped, Lazada dan sebagainya. Dengan hadirnya aplikasi ini kita jadi dimudahkan ketikan ingin belanja online tanpa harus cek ke website mereka atau keluar rumah membeli barang di pasar.

Banyak aplikasi yang berasal dari dalam Play Store dan dari luar Play Store. Kadang aplikasi yang kita install dari luar Play Store, misalnya kita ambil dari Internet akan diblokir oleh Play Protect. Misalnya disini Bostekno akan memberikan contoh menginstall Lucky Patcher yang berasal dari luar Play Store. Bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini bahwa Lucky Patcher di blokir oleh Play Protect.

Ini karena Google Play Store menganggap Lucky Patcher berbahaya dan berasal dari luar Play Store. Namun kadang meskipun kita tahu Lucky Patcher berbahaya kita tetap ingin menginstallnya karena sutu hal. Nah pada saat itu tentunya kita ingin menonaktifkan Play Protect yang memblokir Lucky Patcher ini kan? Sebenarnya ada cara menonaktifkan play protect di android dengan mudah lohh. Penasaran? Berikut tutorialnya.

Cara Menonaktifkan / Mematikan Play Protect di HP Android

cara menonaktifkan play protect di android 1

Namun sebelum lanjut ke tutorialnya Bostekno akan memberikan sedikit penjelasan bahwa sebenarnya Google Play Protect ini cukup penting bagi perangkat Android kalian. Fitur ini memblokir semua aplikasi yang dianggap berbahaya oleh Smartphone kalian. Play Protect ini memiliki beberapa fitur, diantaranya adalah:

  • Memriksa semua aplikasi berbahaya berasal dari luar Play Store yang akan diinstall di perangkat Android kalian, aplikasi berbahaya ini disebut dengan malware.
  • Memberi peringatan kepada kalian jika ada aplikasi yang memiliki potensi untuk menimbulkan kerusakan pada perangkat Android kalian. Kemudian mereka menyarankan untuk menghapus aplikasi tersebut.
  • Melakukan pemerikasaan keamanan melalui Google Play Store sebelum kalian mulai mendownload aplikasi tersebut.

Setelah paham fungsi dari play protect, berikut adalah cara menonaktifkan play protect di android:

1. Pertam buka aplikasi Google Play Store kalian, kemudian setelah itu tekan pada menu garis tiga yang ada di sebelah kiri atas. Kemudian silahkan kalian cari dan tekan Play Protect.

cara menonaktifkan play protect di android 2

2. Untuk cara menonaktifkan play protect di android, silahkan nonaktifkan pada “Pindah perangkat untuk mengetahui ancaman keamanan” dengan cara tekan atau gulirkan tombol yang ada di sebelah kanan tulisan tersebut. Jika berhasil akan muncul tulisan “Pemindaian lengkap dinonaktifkan”.

cara menonaktifkan play protect di android 3

3. Selesai, sekarang kalian sudah berhasil melakukan cara menonaktifkan play protect di android dan kalian sudah bisa menginstall aplikasi apapun yang berasal dari luar Google Play Store sesuai keinginan kalian. Sekarang kalian juga sudah bisa menginstall Lucky Pacther yang tadinya di blokir Play Protect.

Nah itulah sedikit tutorial yang bisa Bostekno berikan kepada kalian tentang cara menonaktifkan play protect di android semoga apa yang Bostekno tadi jelaskan bermafaat. Namun saya sarankan untuk tetap mengaktifkan Play Protect pada Android kalian karena jika tidak ada Play Protect, aplikasi berbahaya yang bisa merusak perangkat Android kalian tidak akan bisa diketahui / dideteksi, oleh karena itu jika tidak terlalu penting silahkan aktifkan kembali Play Protectnya.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *