Pengertian VPN Beserta Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja VPN

2

VPN adalah sebuah singakat dari Virtual Private Network, merupakan sebuah koneksi antar jaringan dengan jaringan yang lain secara pribadi (private) menggunakan jaringan publik seperti Wifi dan Internet. Kalian yang sering menggunakan atau yang berjurusan TKJ tentunya tidak asing dengan kata VPN ini. VPN ini termasuk sebuah jaringan yang cukup banyak digunakan oleh orang-orang yang paham akan fungsi dari jaringann ini.

Banyak sekali jenis jaringan yang ada sekarang ini dan banyak diguanakan selain internet. Salah satunya adalah jaringan VPN ini. Dengan menggunakan VPN ini kita bisa mengakses local area network atau jaringan internet lain dengan aman yang berada pada jangkauan tertentu. Dengan menggunakan VPN kita bisa melakukan transmisi data secara pribadi tanpa khawatir ada yang tahu kita yang melakukannya.

Kalian yang belum tahu atau baru dengan kata VPN tentunya akan bertanya-tanya dalam hati kalian apa itu vpn? Pengertian vpn beserta fungsi dan cara kerjannya. Pada artikel kali ini Bostekno akan menjelaskan kepada kalian mengenai VPN ini. Jadi bagi yang belum tahu marik kita simak penjelasan lengkap mengenai VPN ini.

Pengertian VPN Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya Lengkap

Berikut ini akan Bostekno jelaskan mengenai pengertian dari vpn, fungsi dari vpn, cara kerja dari vpn dan kelebihan kekurangan dari menggunakakn jaringan vpn.

Pengertian VPN

pengertian vpn beserta fungsi manfaat dan cara kerja vpn 1

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yaitu sebuah koneksi antar jaringan internet dengan jaringan yang lain yang bersifat private melalui koneksi internet public. Jadi jika diumpamakan, Internet adalah sebuah rumah yang di dalam rumah tersebut banyak orang yang saling berinteraksi satu sama lain. Nah, VPN disini bisa diibaratkan sebagai “kamar” dalam rumah tersebut dimana kamar itu memisahkan diri dari ruangan yang dipakai untuk interaksi orang-orang.

Jaringan VPN ini biasanya digunakan oleh perusahaan, pemerintah, militer dan instansi-instansi yang menginginkan jaringan yang aman untuk digunakan. VPN ini sangat penting jika kalian ingin data-data serta rahasia kalian tidak ingin diketahui atau bocor ke orang lain yang bisa merugikan perusahaan. Dengan menggunaka VPN identitas dan privasi penggunanya akan sangat aman saat berselancar di internet.

Kenapa jaringan ini disebuah Virtual Private Network? Akan Bostekno jelaskan, disebut Virtual Network karena jaringan ini menggunakan jaringan internet untuk terhubung dengan yang lainnya. Sedangkan disebut Private Network karena jaringan ini memiliki sifat koneksi yang pribadi (private) dan hanya bisa diakses oleh orang tertentu saja. Selain itu data yang keluar dan masuk juga dienkripsi sehingga dari segi kemanan data akan sangat terjamin dan rahasia.

Fungsi VPN dan Manfaat Menggunakan VPN

pengertian vpn beserta fungsi manfaat dan cara kerja vpn 2

Terus apa saja fungsi dan kegunaan dari VPN ini? Jika dilihat dari pengertian di atas tadi, intinya fungsi dari VPN ini adalah membuat jaringan yang aman meskipun jaringan tersebut berada di jaringan internet. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat dari jaringan VPN yang perlu kalian ketahui.

#1. Fungsi VPN:

  • VPN memiliki sistem keamanan yang sangat terjaga dan lebih terjamin daripada jariingan public. Dalam sebuah VPN, data yang dikirimkan telah dienkripsi terlebih dahulu sehingga kerahasiaannya akan lebih terjaga dari kegiatan pencurian data yang mungkin dilakukan. Meskipun seseorang bisa mencuri data tersebut, belum tentu mereka bisa menguraikan data yang telah dienkripsi tersebut. Jadi dengan menggunakan VPN kita seperti mendapatkan perlindungan berlapis untuk menjaga kemanan dan kerahasiaan dalam berselancar di internet.
  • Dengan menggunakan VPN, data yang kita miliki juga jadi terjaga dari segala jenis ganguan selama perjalanan berlangsung. Data yang kita kirimkan ketujuan sebenarnya telah melalui perjalanan yang sangat jauh. Selama perjalanan inilah ada kemungkinan untuk terjadi sebuah ganguan terhadap data yang kita kirimkan. Entah itu rusak, hilang sebagian, corrupt atau bahkan diganggu oleh pihak ketiga. Ketika kita menggunakan VPN, kemungkinan ganguan tersebut bisa diminimalisir sehingga kemungkinan besar data tersebut bisa sampai ke tujuan dengan utuh.
  • Jaringan VPN bisa dibilang mempunyai sebuah “gerbang pemeriksaan” yang menjamin semua data yang masuk dan keluar gerbang tersebut asli dan tidak dimanipulasi oleh pihak-pihak dari luar. Ketika sebuah data melalui jaringan VPN, pemeriksaan dan autentukasi akan dilakukan, baik itu dari sumber data maupun dari data tersebut. Akan diperiksa apakah data tersebut asli atau tidak, jika asli maka data tersebut akan diteruskan ke tujuannya.

#2. Manfaat VPN:

  • Dengan menggunakan VPN kita jadi bis terhubung ke jaringa tertentu misalnya jaringan kantor, sekolah dan sebagainya dimanapun dan kapanpun melalui jaringan internet.
  • Menjadi tembok pengaman pada saat kita terhubung ke jaringan internet public.
  • Bisa digunakan untuk membuat sebuah jaringan baru tanpa harus membangun jaringan sendiri. Kita hanya cukup membuat ruang tersendiri dalam sebuah jaringan internet public.

Cara Kerja VPN

pengertian vpn beserta fungsi manfaat dan cara kerja vpn 3

Bagaiman cara kerja dari jaringan VPN ini sehingga bisa dikatakan aman dan menjamin kemanan serta kerahasiaan sebuah data? Intinya gini, setiap koneksi VPN membutuhkan sebuah VPN server. VPN server ini merupakan “inti” dari sebuah jaringan VPN yang menghubungkan berbagai perangkat supaya bisa terhubung satu sama lain secara private.

Jika sebuah VPN digunakan untuk terhubung ke jaringan internet, maka cara kerja dari jaringan ini bisa digambarkan sebagai berikut:

Internet <–> VPN Server <–> VPN Client <–> Client

Sedangkan jika VPN ini digunakan untuk menghubungkan satu komputer atau laptop dengan komputer yang lain, maka bisa digamabarkan sebagai berikut:

Komputer 1 <–> VPN Client <–> Internet <–> VPN Server <–> VPN Client <–> Komputer 2

Untuk bisa terhubung ke VPN Server, sebuah perangkat memerlukan yang namanya VPN Client. VPN Client ini akan berusaha untuk menghubungi VPN Server dan memverifikasi user dan password pengguna. Setelah proses verifikasi terlah berhasil dilakukan, maka VPN Server akan memberikan alamat IP baru kepada pengguna dan koneksi baru yang disebut jaringan VPN akan terbentuk.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan VPN

pengertian vpn beserta fungsi manfaat dan cara kerja vpn 4

Dimana ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya, begitu juga jaringan VPN ini. Setelah kalian mengetahui pengertian serta cara kerja dari jaringan VPN ini, selanjutnya kalian juga harus mengetahui kelebihan serta kekurangan yang kalian dapatkan dari menggunakan VPN.

#1. Kelebihan Virtual Private Network (VPN):

  • Data aman dan terhindar dari gangguan orang-orang tidak bertanggung jawab dan pihak ketiga.
  • Memudahkan untuk terhubung ke sebuah jaringan tertentu meskipun berada pada tempat yang jauh.
  • Sebagai sarana atau alternative dalam membuat sebuah jaringan pribadi untuk perusahaan, instansi dan sebagainya dengan biaya yang lebih murah.
  • Mempunyai fitur keamanan yang baik dalam menjaga data supaya bisa sampai ke tujuan dengan aman dan utuh.
  • Mengubah IP Asli menjadi IP Anonim
  • Mengakses Website dan Apps yang diblokir dimanapun dan kapanpun kalia mau

#2. Kekurangan Virtual Private Network (VPN):

Memerlukan perhatian khusus supaya jaringan ini tetap ada serta data aman.

Demikianlah informasi yang bisa Bostekno sampaikan kepada kalian mengenai pengertian vpn beserta cara kerja dan fungsinya lengkap. Intinya dengan menggunakan VPN ini banyak hal menguntungkan yang bisa kita dapatkan. Semoga artikel ini bisa membantu kalian memahami definisi, cara kerja serta manfaat yang bisa kalian peroleh dari Virtual Private Network. Silahkan bagikan jika bermanfaat, terimakasih.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here